Sabtu, 08 November 2014

Membuat kerajinan piring dari bahan lidi

   




    Sejak SMP saya sudah belajar membuat kerajinan piring yang terbuat dari lidi. entah memang bakat atau minat namun saat membuat karya-karya baru seperti anyaman lidi ini, ada kesenangan-kesenangan tersendiri bagi saya. Jadi untuk kalian yang ingin belajar sesuatu hendaknya dibarengi dengan minat, kesenangan dan tujuan yang pasti. 

   Ok... langsung saja, kerajinan lidi merupakan salah satu komoditas utama di beberapa wilayah di Negara tercinta kita  Indonesia... bahkan di beberapa komoditas yang sudah berkembang, sebagian besar produk yang mereka buat telah berhasil menerobos pasar luar negeri 

    Bahan dasar kerajnan ini adalah lidi, entah yang masih basah atau sudah kering, tapi untuk pemula, saya sarankan untuk menggunakan lidi yang masih basah, karena lebih fleksibel atau tidak mudah patah.

Bahan dan alat:
1. Lidi utuh (belum patah)      : 98 helai 
2. Tali plastik atau rapia         : 20 cm
3. Pernis                               : +50 ml
4. Koas
5. Pemotong lidi

    Namun sebelum memulai tutorial pembuatan kerajinan lidi, saya akan sedikit memamerkan karya-karya saya yang sudah saya buat.. he..
    Berikut adalah beberapa bentuk kerajian dari lidi yang akan saya paparkan cara pembuatannya pada blog saya ini:


1. Piring Lidi Biasa









2. Piring bunga bintang



3. Piring mini





4. Mangkuk







5. Piring Segi Empat







6. Piring Lonjong / lodor






7. Piring Segi Enam






8. Piring Segi Lima





9. Tempat sendok atau pensil





10. Parsel




11. Gantungan Kunci










Tutorialnya besok aja yaa..

5 Komentar:

Pada 31 Juli 2017 pukul 15.19 , Blogger Depi Go Blog mengatakan...

mantap gan lanjutkan karya mu

 
Pada 22 Agustus 2017 pukul 23.25 , Blogger Nang Anna mengatakan...

Mashaa Allah

 
Pada 2 Oktober 2018 pukul 03.30 , Blogger Unknown mengatakan...

Tutorialnya mana bangsat

 
Pada 14 November 2018 pukul 23.43 , Blogger Unknown mengatakan...

Tutorialnya mana????

 
Pada 26 September 2019 pukul 02.08 , Blogger Unknown mengatakan...

Keren dan kreatif gan,ditunggu cara selanjutnya , Jangan lupa mampir ke website di http://www.atmaluhur.ac.id saya Dantdy nim 1722500016.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda